Jenis mata bor yang dipakai pengeboran

MATA BOR DRAG BIT

mata bor jenis ini tidak memiliki bagian roda yang bergerak dengan cara mengeruk ketika sedang digunakan dan mata bor yang sudah sejak lama di gunakan dan termasuk katergori mata bor lawas. mata bor jenis ini sudah banyak di tinggalkan oleh para pembuat sumur bor dan beralih ke mata bor yang lain.

mata bor sumur jenis drag bitmata bor sumur jenis drag bit

mata bor tipe ini paling sering digunakan untuk membuat lubang pada lapisan formasi lunak sehingga memiliki nozzle jet untuk menyemprot blandernya agar selalu bersih dan lumpur mampu dengan mudah di angkat keluar dari rangkaian batang pipanya. bagian mata tajam yang terdapat pada jenis ini di buat dari berbagai macam-macam baja paduari dan pada bagian muka (faced) yang keras umumnya di perkuat dengan tungsten carbide.

setiap jenis barang pasti memiliki kekurangan, begitu juga dengan mata bor jenis ini yang sering tejadi masalah pada lubang pengeboran sumur tidak bisa lurus (bengkok) dan juga menghasilkan diameter yang kurang simetris tanpa adanya pemadatan pada bagian sisi lubang.

MATA BOR ROLLER CONE BIT

jenis mata bor ini memiliki bagian kerucut yang pada kerjanya dapat memutar dan berguna menghancurkan lapisan batuan sumur sehingga mata bor jenis ini paling cocol digunakan untuk menembus lapisa bebatuan atau untuk membuat lubang sumur dalam, dalam prakteknya perusahaan minyak juga sering mengguankan mata bor jenis ini.

MATA BOR SUMUR ROLLER CONE BITMATA BOR SUMUR ROLLER CONE BIT

Dengan memiliki mata gigi yang berbeda di setiap bit nya menyesuaikan pada kegunaan jika untuk mengebor lapisan batuan lunak maka memiliki yang bergigi panjang serta jumlah gigi yang sedikit. Begitu sebaliknya jika untuk batuan keras memilih mata bor dengan gigi pendek dan rapat. Sedangkan bagian paling tajam di bedakan lagi menurut komposisi materialnya yaitu Steel tooth bit (Milled tooth bit) dan Insert bit (Tungsten carbite bit)Gigi-gigi dibuat dari karbit tungsten yang tahan keausan. Biasanya mata bor jenis ini digunakan untuk menembus lapisan yang paling keras atau paling abrasif.
mata bor jenis ini juga terbagi kedalam beberapa jenis, berikut adalah beberapa jenis mata bor :
ROLLER CONE BIT
1. WO-Cone (Dua Kerucut) a Milled Only.
Terbuat dari baja yang di-mill (giling), penggunaan jenis mata bor ini sangat jarang hanya untuk batuan formasi yang lunak.

ROLLER CONE BIT DUA KERUCUTROLLER CONE BIT DUA KERUCUT

Jenis ini memiliki 2 mata bor yang dipasang sejajar dan berputar seperti roda didalam lubang sumur ketika bit berputar, karena itu bit ini penggunaannya sangat terbatas hanya untuk lapisan batuan formasi yang relatif lunak.

2. Three-Cone (Tiga Kerucut) a Milled atau Tungsten Carbide Insert.
Bit ini merupakan jenis yang paling sering digunakan, terbuat dari bahan milled ataupun dari bahan tungsten carbide insert. Untuk bit jenis ini yang berbahan dasar milled dan digunakan untuk membor formasi yang relatif keras maka dibuat dengan proses khusus dan pemanasan (heat treating).
Sedang yang terbuat dari bahan tungsten carbide insert dibuat dari tungsten carbide yang kemudian ditekan mesin yang mempunyai lubang berbentuk cone (kerucut). Bit jenis ini juga dirancang untuk formasi lunak, sedang dan keras.

3. Four-Cone (empat kerucut)
Saat ini, mata bor tipe four-cone hanya terbuat dari milled toohtbit dan biasanya digunakan untuk mengebor lubang yang meiliki ukuran besar (lebar). Seperti lubang dengan diameter 26 inch (660,4 mm) atau bahkan yang lebih lebar.

MATA BOR DIAMOND BIT

Pembuatan lubang sumur bor dengan menggunakan mata bor jenis ini cara kerjanya bukan mengeruk atau gigi berputar melainkan dengan cara menggores permukaan yang terpasang pada sebuah besi sehingga hasil pengeboran berlangsung sangat lambat. Penggunaan metrial intan masih banyak di pilih hingga saat ini karena merupakan zat padat yang dianggap paling tahan goresan serta paling keras melebihi baja.

MATA BOR SUMUR DIAMON BITMATA BOR SUMUR DIAMON BIT

mata bor jenis DIAMOND BIT kelebihannya adalah memiliki usia pakai yang lebih awet, namun pada era belakangan ini mata bor ini sudah jarang digunakan dikarenakan laju proses pengeboran yang kalah cepat oleh model mata bor Roller-Cone. baca juuga :jenis casing pipa sumur bor
demikian beberapa jenis mata bor yang ada di pasaran, semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk memilih mata bor yang sesuai kebutuhan dalam pembuatan sumur bor dirumah.